Senin, 23 Januari 2017

PEMBAHASAN SOAL UNAS TEORI KEJURUAN SMK TATA BUSANA 2015-2016



1.      Jawaban: A
Penjelasan:
Berikut langkah – langkah yang harus dilakukan bila seseorang tersengat aliran listrik:
            1)      Segera matikan aliran listrik
            2)      Pisahkan orang tersebut dari barang yang teraliri listrik dengan menggunakan 
                  benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.
            3)      Berikan pertolongan pertamadengan memberikan air putih yang banyak.
            4)      Bawalah ke rumah sakit terdekat.

2.      Jawaban: B
Penjelasan:
            -          TS (Total solid) yaitu residu yang diperoleh setelah menguapkan sejumlah 
                   volume air pada 103oC. Total solid dapat dibagi menjadi 2 bagian, 
                   yaitu suspended solid (SS) dan dissolved solid (DS). Dalam ilmu kimia 
                   yang dimaksud suspended solid (SS) adalah TSS (Total Suspanded Solid).        
            -          TSS (Total Suspanded Solid) dalam karakteristik fisika adalah jumlah berat 
                  dalam mg/liter kering lumpur yang ada dalam limbah setelah mengalami 
                  penyaringan dengan membran berukuran 0,45 mikron. Air alam mengandung 
                  zat padat terlarut yang berasal dari mineral dan garam-garam yang terlarut 
                  ketika air mengalir di bawah atau di permukaan tanah. Apabila air dicemari 
                  oleh limbah yang berasal dari industri, pertambangan dan pertanian, 
                  kandungan zat padat tersebut akan meningkat. Jumlah zat padat terlarut ini 
                  dapat digunakan sebagai indikator terjadinya pencemaran air. Selain jumlah, 
                  jenis zat pencemar juga menentukan tingkat pencemaran dan juga berguna untuk 
                  penentuan efisiensi unit pengolahan air .
           -          Ammonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini 
                 didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia).
                 Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, 
                 amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan.
Dari penjelasan diatas salah satu karakteristik air limbah yang merupakan jumlah berat dalam mmg/ lt kering lumpur yang ada di dalam air adalah Total suspended solid.

3.      Jawaban: C
Penjelasan:
Kebakaran diklasifikasikan (dikelompokkan) berdasarkan sumber penyebab api yang muncul dalam kejadian kebakaran. Klasifikasi (kelas) kebakaran secara umum merujuk pada klasifikasi internasionla yaitu klasifikasi kebakaran menurut NFPA (Nasional Fire Protection Associantion) Amerika. Berikut klasifikasi (kelas) kebakaran berdasarkan NFPA dengan media pemadam efeknya antara lain:
Kelas
Kebakaran/ Penyebab
Pemadam

Benda Padat Non Logam

Kertas, Kain, Plastik, Kayu


Air, Uap Air, Pasir, Busa, CO2, Serbuk Kimia Kering, Cairan Kimia

Gas/Uap/Cairan

Metana, Amoniak, Solar


CO2, Serbuk Kimia Kering, Busa


Listrik
Arus Pendek


CO2, Serbuk Kimia Kering, Uap Air


Logam
Aluminium, Tembaga, Besi, Baja


Serbuk Kimia sodium Klorida, Grafit


Radioaktif
Bahan-Bahan Radioaktif
<Belum Diketahui Secara Spesifik>


Bahan Masakan
Lemak dan Minyak Masakan


Cairan Kimia, CO2

Jadi jika kebakaran terjadi di bagian penyimpanan bahan makanan yang ada di kantin perusahaan, berdasarkan klasifikasi NFPA kebakaran yang terjadi di kantin perusahaan garment masuk dalam kategori kebakaran kelas K.

4.      Jawaban: A
Penjelasan:
Gambar 
Jenis Sepatu Mesin
Fungsi
Sepatu Menjahit Kelim Bulat (Rolled Hem Foot)



sepatu yang dikhususkan untuk menjahit pinggiran kain yang tipis. Misalnya selendang atau jilbab dari kain chiffon.





Sepatu Biasa (General Purpose Presser Foot)
Sepatu ini difungsikan untuk menjahit lurus kampuh dan kelim
Sepatu resleting biasa (Single Zipper Foot)
Sepatu yang dikhususkan untuk menjahit resleting biasa.


Sepatu resleting jepang (Papanesses Zepper Foot)
Sepatu yang dikhususkan untuk menjahit  resleting jepang.
Sepatu Menjahit Benang Hiasan (Three Way Cording Foot)
Untuk hiasan pelekatan benang. Biasanya digunakan untuk menghias busana dengan lekatan berbagai benang hias.

Dari penjelasan tabel diatas maka dapat diketahui, sepatu mesin jahit yang tepat digunakan untuk menyelesaikan kelim gulung pada kain yang tipis sepatu Menjahit Kelim Bulat (Rolled Hem Foot).

5.      Jawaban: A
Penjelasan:
Langkah menghindari kelain tulang belakang (skoliosis, kifosis dan lodorsis), sakit leher, bahu dan sakit punggung pada operator mesin jahit adalah dengan;
            1)      Penyesuain tempat duduk, Posisi duduk tegak dan punggung bersandar pada 
                  sandaran kursi dapat membuat dan mempertahankan sikap duduk yang sempurna 
                  dan tersangga dengan baik sehingga tidak ada otot yang tegang atau yeri.
           2)      Tinggi meja kerja, upaya untuk menghindari operator mesin mengalami sakit leher, 
                 bahu, dan otot punggung maka jarak antara permukaan meja kerja atau 
                 tempat duduk hendaknya setinggi 25 – 30 cm diatas tempat duduk. 
                 Sedangkan jarak mata kekomponen pakaian yang dijahit harus 30 – 40 cm.
Posisi alat pengendali mesin, sebaiknya pedal diletakkan ditempat yang nyaman ditengah antara bagian depan dan bagian belakang bangku.


DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL UNAS TEORI KEJURUAN SMK TATA BUSANA 2015-2016 PDF DI BAWAH INI!





UNTUK MENDAPATKAN SEMUA FILE YANG ADA DI BLOG (http://klphie.blogspot.co.id/) “SMK TATA BUSANA” SILAHKAN HUBUNGI ADMIN (FILE DALAM BENTUK WORD, EXEL, JPG, & VIDEO)

120 komentar:

  1. kalau mau file lengkapnya bagaimana?

    BalasHapus
  2. Admin sya mau file lengkapnya dong min... Ke sintakhomariah@gmail.com buat ujian min.. Heheh

    BalasHapus
  3. Admin saya juga mau file lengkapnya ke ayunaqurrata@gmail.com..trimakasih

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. admin sy mau @laatania0@gmail.com
    Untuk ujian

    BalasHapus
  6. Admin saya juga mau ke latiefaj86@gmal.com

    BalasHapus
  7. Saya ingin pembahasan yg ini lebih lengkap sampai no40...

    BalasHapus
  8. Admin saya ingin pembahasan lebih lengkap lagi ke dwiayufitri14@gmail.co.

    BalasHapus
  9. Admin saya ingin pembahasan lebih lengkap lagi ke dwiayufitri14@gmail.co.

    BalasHapus
  10. min, saya mau file lengkapnya ke zeria18nyra@gmail.com ya min...

    BalasHapus
  11. Admin saya juga mau file lengkapnya buat ujian ke cynthialukito5@gmail.com yaa

    BalasHapus
  12. saya juga mau anggiprasetika3993@gmail.com

    BalasHapus
  13. saya juga mau pembahasannya lengkap ke umimudrikah16@gmail.com

    BalasHapus
  14. pembahsan soal nya dikim dong bang, azharimercy45@gmail.com

    BalasHapus
  15. Admin saya mau pembahasan soal ini lengkap ya penting banget soalnya min.mohon bantuannya di riniseptia25@gmail.com

    BalasHapus
  16. Kak saya mau dong soal lengkap dan pembahasannya di enizz.luvluv@gmail.com

    BalasHapus
  17. Saya mau pembahasannya juga dong minn, mohon bantuannya Audimarisaaa@gmail.com

    BalasHapus
  18. Admin saya mau pembahasan lengkapnya. Mayasagita047@gmail.com

    BalasHapus
  19. Admin saya mau pembahasan lengkapnya untuk un besok ,sitihiqmah0@gmail.com

    BalasHapus
  20. Admin saya mintak pembahasan soal" lengkapnya, elicrismonita12@gamil.com

    BalasHapus
  21. Min saya mau pembahasan soal yg lengkapnya buat materi un hari ini
    Mayasagita047@gmail.com

    BalasHapus
  22. Admin aku mau minta pembahasan soal lengkapnya juga,,buat ujian min heh Apriliadwi243@gmail.com

    BalasHapus
  23. Admin saya mau pembahasan lengkapnya untuk un besok ,sitihiqmah0@gmail.com

    BalasHapus
  24. Min.. tolong pmbhasan soal lengkap
    cahayaritonga46@gmail.com

    BalasHapus
  25. Minta tolonh pembahasan soal lengkapx di nurbaiti1991@yahoo.co.id

    BalasHapus
  26. admin..kalau mau minta file lengkapnya, caranya gimana astutismkn4@gmail.com

    BalasHapus
  27. Mbak saya mau file lengkapnya di daputriginuek@gmail.com

    BalasHapus
  28. Admin saya mau file lengkapnya kirim di hannank767@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  29. Admin saya mau file lengkap nya, kirim di afifahrim@gmail.com

    BalasHapus
  30. admin saya mau filenya buat persiapan ujian kirim di miesumie.04n01@gmail.com

    BalasHapus
  31. Admin saya mau buat ujian . Kirim ke email aja ulfahkusuma616@gmail.com
    Terimakasih !

    BalasHapus
  32. Kakak admin saya minta pembahasan soal yg lengkap untuk latihan ujian smk tata busana,, kirim via email saya gppa di @riskipurwiningsih@gmail.com terimakasih 😊

    BalasHapus
  33. Dear admin, Bisa minta tolong untuk kirim filenya ke email maghfironafis@gmail.com ? Dibuat untuk latihan adik saya min, thakyou

    BalasHapus
  34. Kak minta filenya.. Bisa minta tolong dikirim ke tanzilaazzalzal@gmail.com

    BalasHapus
  35. Admin. Saya mau jawaban lengkap sampai nomor akhir. Biar untuk belajar

    BalasHapus
  36. Admin. Saya mau jawaban lengkap sampai nomor akhir. Biar untuk belajar

    BalasHapus
  37. Admin yang terhormat, maaf kalau diijinkan sy minta tlg dikirimi file soal-soal Tata Busana beserta pembahasannya, kirim ke asih.eko@gmail.com. trima kasih

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. kepada admin pembuat soal tata busana,

    sebelumnya mohon maaf kalo berkenan bolehkah saya meminta file semua file soal soal tata busana berserta pembahasannya dan juga kunci tersebut ( UNTUK BELAJAR )

    mohon dikirimkan lewat email dibawah ini :
    anikindayani68@gmail.com

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Kak minta file pembahasannya yg lengkap dong... Buat belajar persiapan UN kak..

    Kirim ke email ini aja kak : ila.nur.islamiyah@gmail.com

    BalasHapus
  42. mas mau dong buat ujian file nya

    BalasHapus
  43. Boleh dong min file wordnya dikirim ke alamat email pamujihari0@gmail.com, terima kasih

    BalasHapus
  44. Kak mnta tolong kirim donk ke akun Agunkkyantie@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak salah Akunnya yg bner Agunkkyantie18@gmail.com

      Hapus
  45. Saya mau file nya dong ke rikanakamura111@gmail.com

    BalasHapus
  46. Mi saya mau file nya dong ke handayanisialagan@gmail.com

    BalasHapus
  47. Saya mau file nya dong min ke handayanisialagan@gmail.com

    BalasHapus
  48. Aku mau file nya dong min ke silvianeilany21@gmailgmail.com

    BalasHapus
  49. Kak admin, minta filenya dong penting bnget soalnya..

    BalasHapus
  50. Kak minta semua file nya
    Soal dan pembahasannya 🙏
    Dari latihan2 UNAA

    BalasHapus
  51. Kak minta semua soal UNAS dan pembahasan itu kak
    Buat persiapan ujian

    BalasHapus
  52. Mimin tolong respon ya.. ijin save soal sama pembahasan yang lengkap buat belajar .. tolong berikan pembahasan jawaban dengan lengkap .. Terima Kasih

    BalasHapus
  53. Kak admin minta semua soal dan pembahasannya dong buat belajar ujian nasional

    BalasHapus
  54. Saya mau soal soalnya min... Gmn caranya?

    BalasHapus
  55. Sebelumnya trimakasih infonya kalau berkenan Sya membutuhkan soal dan ulasannya mohon dikirim lewat email @dithairma83@gmail.com

    BalasHapus
  56. Kak Minta Filenya Dong,Saya pelajar Smk Jurusan Tatabusan,Kebetulan Saya Ada Soal Seperti ini. Jadi Saya Minta File nya ya Kak kirim ke martinisb07@gmail.com

    BalasHapus
  57. Kak minta filenya,, penting banget buat latihan soal UN 🙏

    BalasHapus
  58. kak admin bolehkan saya minta filenya yang lengkap, untuk belajar buat UNBK. bisa dikirim ke email saya kak. siktaputri@gmail.com.
    makasih ya kak

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. saya minta kunci jawabannya buat belajar kirim ke mimirzka03@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  61. Sata minta kunci jawabannya, buat belajar, dan latihan buat UN tolong kirim ke fauziyyahjepara@gmail.com
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  62. Kak admin boleh minta filenya buat belajar untuk un,, besok saya un produktif busana

    BalasHapus
  63. Kak maaf boleh saya minta dokumennya, untuk belajar? Jika berkenan bisa kakak kirim ke email saya astriindriani09@gmail.com

    BalasHapus
  64. Kak besok saya un produktif, boleh minta semua file lengkapnya??? Butuh bgtttt makasiii

    BalasHapus
  65. Kak boleh minta soal dan pembahasannya,untuk belajar persiapan un

    BalasHapus
  66. Kak,boleh minta file nya? Buat belajar besok teori kejuruan unbk

    BalasHapus
  67. Kak,boleh minta file nya? Buat belajar besok teori kejuruan unbk

    BalasHapus
  68. Kak boleh minta file nya buat belajar besib kak?

    BalasHapus
  69. Kak boleh minta file pembahasan nya buat belajar unbU besok kirim ke della08safitri@gmail.com makasih kak

    BalasHapus
  70. Ka minta file tolong dong buat belajar

    BalasHapus
  71. Ka minta file tolong dong buat belajar

    BalasHapus
  72. Admin minta file lengkapnya buat belajar

    BalasHapus
  73. Adminnya boleh mintak file pembahasannya semua

    BalasHapus
  74. Mintak file pembahasanya dong min di maulidanisa27@gmail.com

    BalasHapus
  75. Assalamulaikum. Min boleh minta file nya di dedisujaroh4@gmail.com

    BalasHapus
  76. Min saya mau pembahasan tata busana yang lengkap

    BalasHapus
  77. Min saya mau pembahasan tata busana yang lengkap nismafajriana9@gmail.com

    BalasHapus
  78. admin saya mau minta pembahasan tata busana lengkap

    BalasHapus
  79. Assalamu'alaykum..
    Maaf bolehkah izin meminta file lengkap dengan pembahasannya?
    jikalau boleh, mohon share ke erni.nurrohmah14@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  80. Admin saya mau file lengkap pembahasan ini klaritanur@gmail.com

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum kak
    Boleh minta file lengkap Dan pembasannya, kalau boleh share di

    BalasHapus
  82. Assalamualaikum kak
    Boleh minta file lengkap Dan Pemba Hasan, kalau boleh share Di nurnita956@gmail.com

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum admin . Kalau boleh sy mau minta full soal + pembahasan , bisa dikirim ke unicornsea7@gmail.com . Terimakasih sebelumnya. Walaikumsallam

    BalasHapus
  84. Assalamualaikum,Kak minta file soal dan pembahasannya kak, bisa dikirim ke anggraenirsma@gmail.com ,terimakasih sebelumnya kak wassalamualaikum

    BalasHapus
  85. Admin minta file nya ya.. Ke evaaristia109a@gmail.com

    BalasHapus
  86. Admin minta file pembahasannya ya.. Ke cutdian24@gmail.com

    BalasHapus
  87. Penting buat latihan soal ujian kak

    BalasHapus
  88. Admin butuh ini untuk latihan UN ke Farisa.nafisah04@gmail.com

    BalasHapus
  89. admin saya butuh filenya untuk latian un ke nuriaida12@gmail.com

    BalasHapus
  90. Kak minta file lengkap nya dong kak, untuk UN. ke agnesnabilaputri17@gmail.com

    BalasHapus
  91. Kak minta file lengkap nya dong kkak, untuk UN kak, bantu dong kk 🙏.
    Ke agnesnabilaputri1709@gmail.com

    BalasHapus
  92. Kak minta file pembahasan lengkapnya dong ke @nikmahyh73@gmail.com

    BalasHapus
  93. Selamat malam. Boleh saya minta file lengkap pembahasan? Dikirim ke windaayu832@gmail.com
    Terima kasih banyak...

    BalasHapus
  94. Tolong minta kunci jawabannya kak buat belajar

    BalasHapus
  95. kak boleh minta filenya gak kakak? emailnya aku

    BalasHapus
  96. kak boleh minta file nya tidak kakak? kl boleh ini e-mail aku kak, angelajaebum1205@gmail.com terimakasih kakak

    BalasHapus
  97. Min,saya mau minta kunci jawabannya ke nursivaazizah123@gamail.com

    BalasHapus
  98. Min saya mau kunci jawabannya kirim ke salsabilakhn02@gmail.com makasih

    BalasHapus
  99. Mau minta file lengkap nya dong, kirim ke menwethu@gmail.com
    Makasi sebelum nya

    BalasHapus
  100. Mau minta pembahasan soalnya dong min

    BalasHapus
  101. Tolong minta pembahasan soalnya dong min korim ke larasatifalah@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  102. Ka kirim ke email ini dong tolong

    BalasHapus
  103. Ka admin minta pembahasan nya pliss renianggra835@gmail.com

    BalasHapus
  104. Kak, minta tolong kirim pembahasan soal unas yang tahun 2011/2012 ke arrumfadh@gmail.com

    ditunggu ya kak:)

    BalasHapus
  105. Kak, boleh tolong kirimkan file lengkapnya ga Kak ke mdahliana.md@gmail.com
    Maksih sebelumnya Kak...

    BalasHapus
  106. Kak boleh minta tolong file lengkap nya, untuk keperluan ujian kak @lumbangaolmarintan@gmail.com Terimakasih sebelumnya kak.

    BalasHapus
  107. Assalamu'alaikum admin. Terimakasih untuk semua latihan soal dan pembahasan soal yang sudah dishare, sangat bermanfaat dan insyaAllah akan jadi amal jariyah admin. Hehe, saya nyari contact admin (email maupun nomor HP) di blog ini tapi gak nemu. Bila berkenan tolong kirim kunci jawaban/file pembahasan semua soal yang sudah dishare ke e-mail saya diahwulan2403@gmail.com untuk saya belajar. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  108. Ka mau pembahsan soalnya dong ka, bisa ga ya

    BalasHapus
  109. kak admin minta pembahasannya lengkap nya dong pliss besok ujian🙏 di @fadillah irwan15

    BalasHapus